7 Tips dalam usaha bisnis mobil bekas

7 Tips dalam usaha bisnis mobil bekas – industri mobil terus berkembang seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan ini yang memberikan kenyamanan dalam berkendara dibanding kendaraan yang lain, mobil memang memiliki nilai plus dari kendaraan yang lain karna melindungi dari panas dan hujan.

Mobil juga memiliki ruang yang lebih luas sehingga menjamin kenyamanan bagi anda serta anggota keluarga dalam bepergian bersama.

Namun tak banyak orang yang dapat memiliki mobil lantaran harga yang sulit dicapai dan sebagian orang beralih untuk membeli mobil bekas untuk mendapatkan mobil dengan harga yang lebh ekonomis, oleh karna itu membuka usaha dengan jual mobil bekas masih cukup menjanjikan namun dibutuhkannya kesiapan yang matang dan niat yang serius karna mobil bekas bukanlah barang yang murah meskipun dalam kondisi “bekas”  namun harganya masih di atas motor baru.

Berikut beberapa tips dalam membuka usaha bisnis mobil bekas :

1.Modal yang cukup

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa mobil bekas bukanlah barang yang murah maka itu dibutuhkannya modal yang cukup dan lumayan besar untuk membuka usaha ini.

2. Pengetahuan

Yang berikut tentu saja pengetahuan yang mendalam mengenai otomotif, diharuskan supaya ketika anda ingin membeli mobil bekas untuk stok mobil yang akan anda jual nanti, anda tahu mengenai kondisi dari mobil tersebut, dari bagian luar sampai bagian yang mendetail.

3. Orang kepercayaan

Jika pada point ke2 anda menyerah / tidak terlalu paham dengan otomotif, anda bisa merekrut orang kepercayaan untuk melakukan pengecekan, ini juga bertujuan ketika usaha anda berkembang, tentunya membutuhkan karyawan lebih dari satu orang yang bertugas untuk mengecek agar pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

4. Mekanik

Setelah mendapat orang kepercayaan yang anda butuhkan selanjutnya adalah seorang mekanik yang bertugas supaya mobil bekas yang anda jual diperbaiki terlebih dahulu jika menemui bagian yang rusak atau kurang sempurna.

5. Kelengkapan data & kondisi

Kelengkapan data / surat-surat penting mobil yang tersedia serta kondisi mobil yang baik untuk menghindari komplain dari ketidak-puasan pelanggan.

6. Keterangan jelas

Berikan paparan dan keterangan yang jelas tentang mobil yang anda jual, usahakan untuk mengajak pelanggan berkonsultasi mengenai mobil apa yang iya inginkan dan anda tahu apa yang harus anda tawarkan kepada calon pembeli.

7. Bukti penyerahan

Buatlah bukti penyerahan jika sudah ada kata sepakat dalam transaksi jual-beli yang di tanda tangani oleh pihak pembeli, penjual dan saksi serta dibubuhi materai, ini bertujuan jika sewaktu-waktu terjadi perselisihan.

Sekian tips bagi anda yang ingin membuka usaha bisnis mobil bekas semoga tips diatas memberikan informasi yang bermanfaat sehingga anda jadi lebih siap dalam berwirausaha.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s