6 Tips Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Sariawan merupakan penyakit yang terdengar sepele namun tetap saja luka yang ditimbulkan pada bagian mulut bisa sangat mengganggu pada saat makan, menggosok gigi, bicara dan cenderung menimbulkan bau yang tak sedap pada mulut. Oleh karena itu bagi sebagian besar orang yang pernah mengalami sakit ini mengobati sariawan secepat mungkin dianggap sangat perlu untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita, meski sebenarnya sariawan bisa hilang dengan sendirinya dengan waktu yang agak lama.

Sariawan atau Stomatitis (istilah kedokteran) adalah inflamasi/peradangan pada lapisan selaput lendir di mulut, biasanya terdapat pada bibir bagian dalam, gusi, lidah, pipi bagian dalam dan langit-langit mulut. Proses terjadinya peradangan pada sariawan dimulai dari jaringan lapisan selaput lendir yang memerah kemudian membentuk ulkus atau luka bisa berbentuk bulat, oval, atau tak beraturan namum memiliki tepi yang berbatas tegas.

Menurut Drg. Djoko Micni. SpBM. FICOI yang merupakan Spesialis Bedah Mulut di salah satu rumah sakit jakarta “Sariawan memang penyakit yang selalu berulang dan tidak bisa sembuh total. Penyakit ini belum diketahui sebabnya, sehingga pengobatannya hanya bersifat simptomatik . Rata-rata sariawan akan sembuh dalam dua minggu. Bila memerlukan waktu penyembuhan yang agak lama maka perlu ditelusuri bahan-bahan yang berkontak dengan rongga mulut seperti pasta gigi, makanan, rokok, dll . Hindari bahan-bahan yang menjadi pemicu dari sariawan tersebut”.

Nah penyataan tersebut amat sejalan  dengan beberapa tips cara mengobati sariawan dengan cepat, simak tipsnya dibawah ini :

1. Mencari penyebab sariawan
Biasanya sariawan timbul atas peningkatan jumlah makanan  tertentu yang Anda konsumsi secara tiba-tiba mungkin akhir-akhir ini Anda sering mengonsumsi makanan yang sifatnya merusak atau mengiritasi mukosa (selaput lendir). Sebagai contoh memakan buah nanas, kopi atau minuman panas lain, kripik gorengan dsb.

2. Hentikan mengonsumsi makanan tersebut
Setelah mengetahui penyebab sariawan selanjutnya hentikan untuk mengonsumsi makanan tersebut. Nah akan terjadi perbaikan pada sariawan dalam jangka waktu 3-5 hari kedepan.

3. Jaga kebersihan mulut
Gunakan air hangat yang dicampur dengan garam untuk berkumur selama 30 detik pada pagi, siang dan malam, ini berguna untuk menjaga kebersihan mulut Anda karena larutan garam dapat membunuh kuman-kuman dan dapat juga merangsang sel-sel baru untuk penyembuhan sariawan. Sangat tidak di anjurkan menggunakan mouthwash karena akan mengakibatkan iritasi dan sariawan juga tidak akan sembuh.

4. Hilangkan rasa sakit pada sariawan
Cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan obat yang diminum atau dikumur. Yang diminum bisa menggunakan parasetamol atau mefenamat dengan tetap memperhatikan dosis serta kontraindikasi. Sementara yang dikumur bisa menggunakan antasida yang dikombinasikan dengan difenhidramin (benadryl). Campurkan dengan perbandingan 50:50 dari kedua obat tersebut dengan 1,5 sendok air matang selanjutnya gunakan campuran tersebut untuk berkumur tahan selama 30-60 detik lalu buang, lakuan ini 4 kali sehari.

5. Periksa ke dokter
Jika beberapa langkah diatas sudah dilakukan namun dalam waktu 4 sampai 7 hari ternyata sariawan belum sembuh juga disarankan untuk pergi kedokter untuk melakukan pemeriksaan.

6. Pengobatan kondisi khusus sariawan
Angular chelitis adalah kondisi khusus pada sariawan dimana sariawan yang timbul pada lipatan bibir, pada kondisi ini penderita penyakit sariawan membutuhkan pengobatan dengan vitamin B dan juga obat oles berupa antibotik dan dikombinasikan dengan hidrocortisone 1%, diperlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s