Fungsi Pick up Selector Switch

Bagi kita yang sering memainkan alat musik gitar pasti sudah mengenal seluruh bagian yang terdapat pada gitar secara mendetail baik untuk gitar elektrik maupun gitar akustik, pada gitar elektrik terdapat bagian seperti stick berfungsi sebagai saklar pengatur pick up mana yang akan dipergunakanan.

Saklar ini dinamakan Pick up Selector Switch ada pula yang menyebutnya Guitar Switch umumnya terletak di bawah senar ataupun bridge lebih tepatnya di sebelah volume control dan tone control, namun pada beberapa gitar tertentu Pick up selector switch ini terletak didekat Strap Pin.

Mungkin bagi orang awam ataupun gitaris pemula kebanyakan memiliki anggapan yang salah mengenai pick up, mereka menganggap pick up pada gitar elektrik yang berjumlah 2-3 itu aktif secara bersamaan padahal tidak, pick up yang aktif hanya satu saja dan untuk memilih pick up mana yang ingin diaktifkan kita bisa menggunakan pick up selector switch.

Umunya ada 2 macam pick up selector switch yaitu 5 way dan 3 way jika digunakan akan mempengaruhi sound gitar, sesuai dengan jenisnya 5 way berarti ada 5 karakter suara yang berbeda dan 3 way ada 3 karakter suara yang berbeda.

Terkait dengan uraian di atas akan dijabarkan lebih detail lagi mengenai pick up selector switch untuk yang 3 way saja, agar permainan gitar Anda semakin maksimal dan menemukan karakter sound yang pas untuk musik yang Anda mainkan.

Pick up selector switch 1 (posisi paling bawah) :
Jika saklar digeser kebagian yang paling bawah ini secara otomatis akan mengaktifkan pick up yang paling belakang didekat bridge, pick up ini cenderung menghasilkan sound yang lebih tebal namun bersih dan jelas cocok digunakan sebagai sound rythm maupun melody.

Pick up selector 2 (posisi tengah) :
Jika saklar digeser kebagian tengah maka akan mengaktifkan pick up pada bagian tengah, gitar akan menghasilkan sound yang cenderung middle, jika dipadukan dengan effect distorsi maka akan cocok digunakan untuk jenis musik beraliran Rock n’ Roll. Tapi jika dimainkan tanpa effect maka Anda akan mendapatkan sound seperti gitar akustik namun pick up seperti ini tidak cocok dimainkan untuk lead atau melody.

Pick up selector 3 (posisi atas) :
Jika saklar dipindahkan pada posisi paling atas maka pick up yang akan aktif adalah pick up yang terletak didekat neck paling ujung/bawah, karakter sound ini cenderung low dengan tone yang sedikit berkurang.

artikel terkait : Beragam Jenis Kayu Pada Gitar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s