Mempelajari Gitar Melodi Dangdut

Musik dangdut masa kini kerap dipandang sebelah mata. Baik karena penampilan para penyanyinya yang dinilai kurang sopan. Maupun jenis musiknya yang sudah bercampur dengan irama disko. Hal ini menyebabkan tidak banyak orang yang mau mempelajari dangdut.

Padahal dangdut juga sama seperti jenis musik lainnya. Menyenangkan untuk diulik. Pada dasarnya dangdut lebih banyak menggunakan gitar melodi. Tekhnik yang ada dalam gitar melodi dangdut juga mengandung atau menggunakan tehnik-tehnik umum, seperti blues, jazz, Arpegio, Dimished,Arabic dan masih banyak tehnik-tehnik yang lain.

Tapi melodi dalam musik dangdut lebih lembut dibanding genre musik lainnya. Ada beberapa trik untuk mendapatkan gitar melodi yang lembut. Pertama, jangan memetik tali gitar terlalu kuat. Sebab kuat dan lemahnya petikan sangat bepengaruh pada suara yang dihasilkan. Kedua, saat menggunakan suara distorsi/overdrive, coba  kurangi level distorsi pada guitar efect anda. Ketiga,konsentrasilah pada lagu agar anda bisa lebih menjiwai melodi dalam lagu.

Usahakan beli gitar yang memadai sesuai kebutuhan bermain musik dangdut. Jika sudah menguasai dasar-dasarnya cobalah mengiringi beberapa lagu dangdut dari beberapa tokoh seperi Rhoma Irama dan Ike Nurjana. Lagu lagu dibawakan oleh keduanya memiliki gaya khas dangdut melayu asli.

Jangan malu dibilang norak,karena anda memainkan musik dangdut. Asal anda tahu orang Amerika sangat menyukai musik dangdut. Saking sukanya mereka kerap mengundang musisi dangdut Indonesia, untuk menggelar konser di Amerika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s