Kolesterol Baik Juga Bisa Menjadi Jahat

Sebagian orang yang sadar akan gaya hidup sehat pasti sudah melakukan antisipasi terhadap zat-zat atau bahan makanan yang merugikan bagi tubuh, terutama untuk makanan yang memiliki kolesterol tinggi yang paling sering dihindari oleh orang yang sudah lanjut usia, maka upaya yang dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi bahkan tak sedikit yang berkonsultasi ke rumah sakit untuk menanyakan hal ini secara mendetail. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa tidak semua kolesterol itu buruk ada pula kolesterol baik danf bermanfaat bagi kesehatan.

kolesterol

Jadi tak ada salahnya jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik. tetapi Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kolesterol baik bisa juga menjadi ‘jahat’. Menurut penelitian di Amerika Serikat yang dipimpin oleh Dr Stanley Hazan dari Praventive Cardiology & Rehabilitation mengungkapkan bahwa kolesterol baik bisa saja berubah menjadi jahat ketika Kolesterol HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik menjadi tak fungsi serta kehilangan zat pelindungnya.

Penelitian itu juga dilakukan dengan pengamatan terhadap 627 pasien dengan melihat hasil tes darah mereka. Kolesterol baik mengandung protein dikenal dengan istilah apolipoprotein A1 (apoA1) yaitu protein yang bisa memberikan kemampuan bagi kolesterol untuk melindungi jantung, tetapi jika ditemukan paparan apoA1 yang terlalu besar pada dinding arteri ini justru dapat mengubah menjadi zat lain yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung koroner.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s