Jenis-jenis Gitar

Memilih gitar yang sesuai dengan selera musik kita memang gampang-gampang susah. Bukan hanya masalah senar dan neck yang menjadi poin penting dari sebuah bagian gitar. Namun juga jenis dari gitar itu sendiri sangat berpengaruh pada irama musik yang dihasilkan.

Setidaknya ada tiga jenis alat musik gitar didunia ini. Yakni gitar klasik (spanyol), gitar akustik dan gitar listrik. Gitar klasik merupakan jenis gitar yang paling banyak digunakan. Karena memiliki body berongga dengan soundhole dan leher dengan mesin tuning. Senarnya berbasis nylon, yang memudahkan kita untuk memetik dan menggeseknya.

Jenis yang kedua adalah gitar akustik. Sekilas gitar akustik memang sangat mirip dengan gitar klasik karena sama-sama menghasilkan suara tanpa memerlukan amplifier. Bedanya gitar akustik menggunakan senar baja dengan leher lebih kecil. Jenis gitar ini sering digunakan dalam musik pop.

Yang ketiga adalah gitar listrik. Sesuai dengan namanya gitar ini hanya bisa dimainkan dengan amplifier. Gitar listrik tidak memiliki soundhole seperti halnya gitar akustik. Gitar listrik hanya terdiri dari body dan menggunakan senar baja.

Diantara ketiga jenis gitar tersebut, tidak ada yang lebih baik maupun buruk. Semua memiliki manfaat tergantung kebutuhan permainan masing-masing. Namun gitar klasik selalu menjadi pilihan utama, lantaran kita bisa belajar memetik senar dengan perasaan. Yang jelas untuk bisa mengolah senar gitar dengan baik, anda perlu membeli gitar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s