Peralihan Selera Dalam Bermusik

Semakin berjalannya waktu, orang semakin beragam dalam memilih jenis musik. Mereka tidak lagi terjebak pada sebuah standar. Lebih bebas memiih dan menikmati. Sayangnya selera manusia dalam bermusik mudah sekali berubah. Jika ada jenis musik baru mereka tidak serta merta menolaknya, bahkan jika lagu tersebut tidak enak didengar.

Berbeda dengan orang jaman dulu yang sangat kaku, penduduk masa kini lebih menghargai kreatifitas setiap musisi. Hal ini membuat kritikus didunia musik mulai berkurang, dan beralih menjadi analis musik. Tugasnya hanya menilai dan memberi masukan, tanpa embel-embel kritik pedas tentang gaya bermusik yang menyimpang. Analis disini lebih memiliki keterbukaan budaya ketimbang kritikus.

Karena itu bagi anda musisi pemula, harus sadar dengan perubahan selera masyarakat ini. Kenali baik-baik apa yang tengah orang-orang sukai. Lakukan eksplorasi bila perlu tanyakan langsung pada orang-orang terdekat anda, apa jenis lagu yang ingin mereka dengar saat ini. Tapi perubahan selera musik tersebut jangan sampai mengubah karakter bermusik anda.

Sebab hanya dengan karakterlah, musik anda bisa lebih dikenal. Yang penting pandai-pandailah melakukan kombinasi pada lagu anda, serta cek terus selera penonton dari masa kemasa. Bukan hanya tentang musik namun juga tentang gaya bermain setiap kali berada diatas panggung. Pelajarilah semua alat musik jika bisa. Bila perlu anda bisa coba dengan beli keyboard sebagai langkah awal menciptakan lagu sesuai selera masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s