Gong Tak Hanya Sekedar Alat Musik

Gong adalah alat musik yang umumnya terbuat dari logam biasa di pakai untuk jenis musik tradisional, ada berbagai macam jenis gong rata-rata diciptakan di wilayah Asia, setiap gong di negara yang satu pasti berbeda dengan gong yang di ciptakan negara lainnya maka itu setiap gong yang dibuat pasti memiliki khas yang mencirikan bahwa gong tersebut berasal dari suatu negara sebagai alat musik tradisional baik dari segi bentuk maupun suara.

Misalnya saja di korea selatan ada alat musik sejenis gong yang bernama Kkwaenggwari terbuat dari logam kuningan ukurannya tidak terlalu besar dan memiliki tali yang berfungsi sebagai pegangan ketika di mainkan, cara memainkan Kkwaenggwari adalah dengan memegang tali yang ada pada Kkwaenggwari menggunakan kelima jari pada salah satu tangan kemudian tangan yang lain memukul Kkwaenggwari dengan menggunakan stik kecil.

Di Indonesia sendiri kita mengenal beragam jenis gong yang terdapat pada instrumen gamelan jawa, seperti bonang barung, pencon, dan kulintang. Fungsi sebenarnya gong  dalam kesenian tradisional Indonesia adalah sebagai penanda permulaan dan akhiran gendhing serta memberikan rasa keseimbangan setelah kalimat lagu gendhing yang panjang berlalu. Yang paling umum ada macam gong yang sudah terkenal di Indonesia yaitu gong ageng (besar) dan gong Suwuk yang berukuran sedang.

Yang amat disayangkan adalah kini begitu jarang orang yang mempelajari budaya kesenian asli Indonesia dikarenakan keterkarikan mereka yang lebih besar untuk mempelajari musik modern, tetapi yang patut disyukuri adalah gong masih digunakan sebagai simbolisai dimulainya dan diakhirinya suatu acara, gong juga sering digunakan sebagai peresmian gedung baru atau tempat umum memang penggunaan gong pada saat-saat tersebut tak jauh berbeda dengan fungsi gong ketika berada dalam kesatuan instrumen gamelan sebagai awal dan akhiran gendhing.

Setidaknya dengan cara seperti itu gong masih bisa dikenal oleh masyarakat luas sehingga gong tidak terlupakan sebagai salah satu kesenian tradisional Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s