Variasi Penyambungan Pipa

Kamu bisa mencoba variasi dari salah satu penyambungan pipa HDPE yaitu fitting type injection Molded. Sama dengan namanya, aksesoris tersebut diciptakan sedemikian rupa dari pabrik, sehingga bisa langsung dipakai untuk media sambungan pipa dan dapat menyalurkan aliran ke kran air dengan memakai mesin pemanas pipa, atau yang umumnya dikenal dengan sebutan Welding Machine.

pipa HDPE

Jika kita  bandingkan dengan compression joint, perlengkapan sambung Injection Molded tidak bisa disambung dengan manual. Sebab butuh proses pemanasan agar aksesoris ini bisa tersambung dengan pipa serta sambungan lainnya.

Pada proses penyambungan aksesoris umumnya tak beda seperti penyambungan dengan pipa. Ketika ujung pipa bakal dipanaskan hingga meleleh sebelum akhirnya dipadukan dengan lainnya. Tak ubahnya karakter pipa, tipe sambungan ini mempunyai kekuatan yang tak jauh beda, bahkan lebih kuat, kalau semua langkah dilakukan dengan baik dan benar.

Pada dasarnya cara penyambungan dengan cara ini tidak cuma dapat dilakukan melalui cara Injection Molded saja, namun bisa juga dilakukan dengan sistem fitting segmented. Fitting segmented umumnya diterapkan dengan memakai bahan pipa yang dipotong-potong, sehingga bisa membuat belokan untuk keperluan sambungan pipa khusus. Sedangkan untuk sambungan IM (Injection Molded), langkah ini sudah disiapkan dulu, sebab biasanya fitting tersedia sejak awal dari pabrik memproduksinya.

Bukan cuma sistem pembuatannya yang berbeda, namun bahan baku kedua fitting yang dapat disambung dengan cara yang sama ini berbeda antara satu dengan lainnya. Kalau segmented joint terbuat dari bahan yang sama, beda dengan jenis fitting Injection Molded yang terbuat dari thermo plastik PP. Bahan yang sama dipakai untuk jenis pipa PPR, yang umumnya dipakai sebagai saluran air panas dan dingin yang memiliki tekanan.

Bukan cuma itu, seandainya pada segmented join fitting dibedakan berdasarkan PN (layaknya pipa HDPE). Sedangkan untuk tipe IM, varian PN tidak berlaku, dapat diartikan bahwa fitting dapat dipakai dengan pipa dari beragam jenis PN.

Jenis sambungan dengan mesin, seperti IM pada intinya amat cocok untuk sambungan pipa berdiameter besar. Berbeda dengan sistem compression joint yang lebih cocok untuk sambungan pipa berdiameter kecil atau dibawah 4 inci kebawah.

Untuk ukuran populer, IM biasanya amat gampang dijumpai di pasaran. Namun, tidak semua ukuran kadang siap untuk dipakai kadang harus menunggu/pemesanan. Seperti ukuran 225mm (8”), 75mm (2-1/2) yang jarang digunakan oleh konsumen. Sehingga pabrik jarang memproduksi. Hal ini yang membuat material agak sulit dicari dipasaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s