Kelemahan penguasa satu instrumen

Menguasai dan mendalami satu instrumen memang bagus, dengan mendalami satu instrumen musik anda bisa menjadi seorang pakar dan dicari banyak orang karena kemampuan anda yang dianggap luar biasa. Anda bisa menjadi satu-satunya orang menguasai tekhnik sempurna dalam memainkan sebuah instrumen. Namun harus anda sadari juga penguasaan hanya pada satu instrumen juga tidak terlalu bagus untuk anda. Mengapa? Karena anda akan lemah dengan instrumen lainnya.

Hal ini akan menghambat anda ketika menjadi seorang komposer atau mengaransemen lagu. Ketidakhapalan anda pada nada-nada dalam setiap instrumen akan membuat anda sulit untuk menyusun nada harmonis. Memang anda masih bisa meminta bantuan kepada teman atau senior, namun tentunya hal ini cukup merepotkan. Belum lagi jika mereka enggan membantu anda karena sudah memiliki jadwal sendiri, pastinya anda harus menunggu sampai mereka memiliki waktu padahal deadline anda sudah dekat.

Karena itu ada baiknya anda bisa memainkan minimal dua instrumen. Lebih bagus lagi jika anda mau terus mempelajari semua instrumen musik yang ada didunia. Selain mempermudah dalam proses aransemen lagu pengetahuan andapun akan bertambah. Tidak hanya itu menguasai lebih dari satu instrumen musik akan membuat anda lebih menghargai atau mengerti kesulitan beberapa musisi lainnya yang memainkan instrumen berbeda dengan anda.

Mulailah dengan beli gitar dan pelajari secara mendalam. Setelah menguasai alat musik petik ini anda bisa coba pelajari keyboard. Belajar keyboard melatih telinga anda untuk mendengarkan atau peka terhadap nada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s