Antara keyboard atau organ?

Para pakar berpendapat bahwa organ (electone) adalah instrmen standar pada kursus musik organ. Namun ini juga tidak boleh disalahartikan bahwa keberadaan keyboard menjadi tidak penting. Pada tingkatan dan jenis kursus tertentu keyboard merupakan instrumen standar untuk pembelajaran musik.

Namun standardisasi ini juag bergantung sistem pembelejaran yang diterapkan. Jika sebuah kursus musik berenana menerbitkan ijazah musik dari tingkat dasar hingga profesional maka organ adalah pilihan terbaik. Keyboard lebih dipilih karena karena kepraktisannya, kemampuan dan kemudahan yang ditawarkan lewat fitur-fitur.

Keyboard menjadi jalan keluar untuk pemenuhan kebutuhan pembelajaran jangka pendek. Ini sangat berbeda dengan organ yang dibuat dengan tujuan pendidikan alias pembelajaran jangka panjang. Keyboard akan digunakan oleh mereka yang ingin cepat bisa bermain. Keyboard juga bisa digunakan ketika keadaan darurat.

Yakni ketika secara teknik atau aransmen lagu-lagu yang anda pelajari belum atau tidak menggunakan bass kaki. Tapi ingat ini tidak bisa dilakukan untuk jangka panjang terutama ketika mulai memainkan lagu-lagu kompleks atau menggunakan permainan pedal bass. Teknik ini akan menimbulkan kesulitan bagi anda sendiri.

Keyboard juga kurang disarankan untuk anak-anak karena berpotensi mempersempit kreatifitas, imajinasi dan kemampuan ermain secara manual. Anak-anak tidak akan bisa belajar pemilihan suara atau karakter melalui permainan nyata seperti halnya yang akan mereka dapat jika memilih instrumen organ. Sebelum anda berencana membeli keyboard pelajari dulu hal tersebut. Apakah anda lebih membutuhkan organ atau keyboard.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s