Tidak ada yang namanya gaya permainan

Buat para drummer kegiatan menilik permainan drummer-drummer papan atas tentunya bukan hal asing lagi. Bahkan tanpa disadari setiap drum memiliki cirinya masing-masing yang dibuat bukan olehnya namun para penggemar. Di Eropa dan Amerika sendiri ada dua teknik permainan drum yang kerap didengungkan yakni gaya Jerman dan Paris.

Ciri itu dikatakan sebagai sebuah aksen, seperti halnya suku sunda dan jawa yang memiliki aksen bicara berbeda drummer pun demikian terutama pada gaya ia mencengkram stik drum. Ada yang dinilai aksennya lebih Jerman, ada yang lebih ke Paris adapula yang merupakan gabungan keduanya yakni tangan kanan lebih ke Jerman dan tangan kiri Paris.

Sebenarnya pengetahuan tentang aksen ini tidak pernah diajarkan disekolah atau kursus manapun. Tidak ada satupun guru yang memasukkannya pada silabus, namun dengan sendirinya pengetahuan tentang aksen ini muncul tanpa disadari namun terasa. Para drummer professional pun menampik jika mereka hanya belajar beberapa aksen.

Para drummer itu menjelaskan bahwa tidak ada yang namanya aksen Jerman atau Paris,  setiap drummer memerlukan teknik berbeda yang bisa membuat mereka nyaman. Semua bergantung pada pemikiran perspektif orang yang memandangnya. Tapi setiap tangan memang hendaknya menggunakan teknik atau aksen berbeda karena set drum yang dipukul juga berbeda.

Beli drum dan pilihlah aksen kalian sendiri yang menurut kalian cocok dan nyaman dimainkan.  Dengan belajar aksen kalian akan punya ciri khas sedari awal, sesuatu yang jarang dimiliki oleh para drummer pemula.  Mungkin pembahasan ini terlalu jauh untuk pemula namun tidak ada salahnya selangkah lebih maju dari yang lainnya bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s