Pentingnya menutup piano

Bagian dalam piano terdapat banyak komponen yang rawan rusak terutama karena debu dan air. Tak heran jika pianist rela merogoh kocek dalam membayar perawat piano agar instrumen kesayangannya itu bisa bertahan lama yang tentunya akan menjaga keadaan kantongnya sendiri, sebab membeli piano bukanlah perkara murah. Setidaknya membutuhkan uang jutaan bahkan mencapai belasan juta hanya untuk membeli grand piano bermerek.

Anehnya ada beberapa orang yang sudah rutin melakukan servis tapi ternyata pianonya masih saja cepat rusak. Menurut penuturan beberapa pengamat hal ini disebabkan karena si pemakai kurang rapih. Komponen dalam piano sangatlah rapuh, mendapat kotoran sedikit saja bisa merusak keseluruhan piano.Kerusakan-kerusakan seperti ini biasanya terjadi karena masalah sepele yakni tidak menutup key piano dengan tutup piano.

Pemandangan seperti ini biasanya kita lihat di cafe atau rumah, sepanjang waktu selama 24jam piano tidak ditutup semestinya, dan ketika selesai digunakan penggunanya meninggalkannya begitu saja. Fakta bahwa sebagian besar piano tidak tertutup sepanjang waktu membuat piano menjadi sarang debu dan kotoran. Setiap piano yang kotor akan menjadi tempat berkumpulnya debu yang pada akhirnya akan merusak semua mekanisme kerja piano.

Debu yang menggunung pada sisi keys atau tombol dan bagian dalam piano lainnya jugadapat menyebabkan keausan dini, masalah ini membutuhkan biaya mahal untuk perbaikannya. Yang mencengangkan adalah ternyata banyak grand piano tidak pernah dibersihkan hingga 80 sampai 100 tahun usianya. Untuk menghindari tingkat kerusakan yang parah tutuplah selalu key piano kalian menggunakan penutup kayu yang sudah ada.

Jika ingin menjadikannya sebagai hiasan semata, sebaiknya buku tutup piano pada siang hari dan tutup kembali pada malam hari agar debu tak makin berkumpul. Rajin bersihkan dan bawalah ke tempat servis setidaknya sebulan sekali untuk memperkecil resiko kerusakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s