Mengapa kita harus belajar lick gitar?

Gitaris pemula sering bertanya tentang lick gitar dan mengapa kita harus mempelajarinya. Banyak yang berpendapat lebih baik belajar improvisasi saja dibanding lick, namun harus kalian tahu pada kenyataannya improvisasi adalah kombinasi dari frase (alias ‘lick’) yang telah kalian pelajari dimasa lalu, dan yang semuanya dimix dengan beberapa improvisasi. Beberapa gitaris mungkin tidak setuju dan menyatakan bahwa mereka tidak pernah belajar lick gitar.

Itu mungkin benar namun pada saat pertama kali kita belajar skala pentatonik minor sebenarnya pada saat itulah kita mengenal lick gitar. Jika kalian belum sepenuhnya sadar tentang pentingnya lick gitar coba beli gitar dan mulailah mempelajarinya, menguasai lick gitar akan memudahkan kalian melakukan improvisasi. Lick membimbing gitaris untuk belajar lebih banyak perihal kosakata musik. Jika kalian belum sadar apakah pernah belajar lick atau tidak, kemungkinan kosakata musik kalian meningka tak terlalu siginifikan dibandingkan dengan seseorang yang telah sadar mengembangkan kosa kata mereka.

Alasan untuk ini adalah bahwa dalam rangka untuk membuat lick menjadi berguna, kalian harus telah memainkan berkali-kali dan menjadikan lick sebagai bahasa musik sehari-hari. Jika kalian sudah masuk pada tahap ini, lick lebih mungkin lebih mungking dilakukan dengan sedikit atau tanpa upaya sadar. Jadi bagaimana seharusnya kita berlatih lick gitar?

Mungkin yang paling penting adalah untuk berlatih dalam berbagai tombol dan pengaturan musik. Berlatih lick dalam berbagai timbol akan mengajarkan kalian tentang improviasai gaya, alur dan tempo. Variasikan latihan ini dengan kreatifitas kalian dalam berimprovisasi, misalnya mengubah irama dan memainkan slide baru. Lalu lakukan pengulangan agar jari menjadi lebih fleksibel ketika memainkan lick.

Semakin mudah, semakin lebih fleksibel memainkan lick kalian akan menjadi dan semakin terampil melakukan improvisasi. Dengan sedikit latihan kalianpun dapat mengembangkan seluruh kemampuan bermain gitar. Ini bukan hal baru karena komposer klasik telah melakukan ini selama berabad-abad, hasilnya adalah sesuatu yang jauh lebih terdengar organik. Jika Anda belum sampai ke titik sadar tentang pentingnya mempelajari lick, sebaiknya pelajari sekarang juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s