Besaran standar ukuran tangan pianis

Pada tahun 2004, Steinbuhler Boyle melakukan survei rentang tangan pada konferensi nasional Asosiasi Nasional Guru Musik (MTNA). Hasilnya 56 dari 86 peserta perempuan memiliki rentang jari sekitar 8 inci atau kurang, sedangkan 59 dari 62 peserta laki-laki memiliki rentang 8 inci atau lebih. Temuan ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut

“Seorang pianis membutuhkan rentang tangan yang bisa mencapai 10 (setidaknya 8,5 inci, atau 21,5 cm) untuk mencapai hasil terbaik di berbagai repertoar. Rentang tangan perjempuan yang hanya mencapai 8 inci (20 cm) akan kesulitan memainkan oktaf-oktaf rumit. Rentang tangan tersebut juga membatasi kecepatan dan kemudahan teknis. Sulit bagi mereka memainkan oktaf Legato dan pembentukan frase”

Selanjutnya, Boyle menunjukkan bahwa keterbatasan teknis dan musik karena ukuran tangan memiliki konsekuensi cukup besar. Menurtnya salah satu penyebab banyaknya kegagalan para perempuan memenangkan kompetisi piano adalah rentang tangan yang rendah. Permainan piano perempuan cenderung lebih lambat dan kurang variatif sehingga sulit bersaing dengan laki-laki.

Dr. Naotaka Sakai dari Universitas Utsunomiya di Yokohama, Jepang juga sependapat. Saat ia melakukan penelitian terhadap 100 Jepang pianis (pria dan wanita) dengan data yang dikumpulkan oleh Christoph Wagner di tahun 1980 dari 238 pianis Jerman. Ditemukan bahwa  rentang tangan rata-rata pianis Jepang adalah 202mm, angka ini jauh lebih keil dibandingkan dengan 207mm yang merupakan rentang jari perempuan Jerma.

Sakai menyimpulkan pianis Jepang berada pada risiko yang lebih besar ketimbang pianist Eropa, ini dapat dimaklumi mengingat postur tubuh orang Asia memang lebih kecil dari Eropa. Nah jika kamu perempuan dan hobi bermain piano cobalah ukur rentang jarimu dan sadari apakah kamu termasuk pianist berentang jari tinggi atau rendah. Ini sangat penting diketahui agar kamu bisa melakukan latihan yang tepat. Jika sudah tahu berapa rentang jarimu kamu pun bisa beli piano dan beli speaker dengan ukuran yang tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s