Evolusi bentuk dan pemeliharaan piano

Mungkin aneh ketika memikirkan benda mati seperti piano mengalami evolusi, menjadi lebih aik dari apa yang ada sekarang, tetapi faktanya memang itulah yang terjadi. Coba kamu bandingkan piano hari ini dengan masa lampau? Sangat berbeda bukan? Baik dalam segi ukuran maupun suara yang dihasilan. Misalnya saja Keyboard twangy yang digunakan Mozart menulis simfoni nya tidak ada pada fleksibilitas dari pianoforte yang memungkinkan para pianis melakukan variasi.

Hal yang sama berlaku dari pengembangan biola. Menurut penelitian terbaru, bentuk dan panjang lubang-lubang di tubuh biola ini adalah sebanyak hasil dari proses evolusi leher jerapah. Biola yang muncul pada awal abad kesepuluh dan dikenal sebagai fitheles dulunya dibuat dengan sangat sederhana dan hanya berbentuk bulat. Tidak sampai abad keenam belas Biola mulai berubah bentuk menjadi lebih panjang.

Pergeseran itu tidak terjadi secara kebetulan karena sengaja digubah oleh manusia demi meningkatkan kualitas suara yang ingin dihasilkan. Bentuk dan ukuran dibuat sedemikian rupa agar lebih efisien dengan volume yang terus berkembang. Evolusi pada instrumen ini pada akhirnya mempengaruhi gaya dan daya beli musisi. Pembeli pertama pada abad 15 silam mungkin hanya tahu sedikit tentang efek kelembaban pada instrumen mereka.

Mereka kemudian memahami bahwa kayu retak akan membuat fretboard menyusut. Dan mereka mungkin juga paham perihal perubahan suara diakibatkan ruangan lembab. Darisinalh kemudian perawatan piano juga mengalami pengembangan, para produsen piano mulai mencoba memahami bagaimana kayu menyerap kelembaban dari udara, kerusakan yang ditimbulkannya dan cara mengatasinya. Para peneliti yakin evolusi ini akan terus terjadi.

Namun para peneliti juga percaya bahwa evolusi itu akan kembali bergantung pada cara bermain manusia yang paling tradisional, bahwa semua fitur yang ada dimasa depan selalu bergantung pada cara-cara klasik. So, sebelum mungkin pianomu akan beralih menjadi hanya sebesar laptop beli grand piano klasik agar kamu tidak lupa bagaimana sejarah evolusi piano dan bagaimana sulitnya memainkan grand piano tanpa fitur-fitur tambahan.

sumber

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s