Drum Elektrik: Kelebihan dan Kekurangannya

Jika kamu kamu memiliki keinginan bermain musik, maka alat-alat musik pastinya akan menjadi sahabat sejati kamu sehari-hari. Ada banyak alat musik yang tersedia bagi kamu yang menyukai musik, salah satunya ialah drum. Jika kamu berniat beli drum, maka ada dua jenis drum yang bisa kamu gunakan, yaitu drum akustik dan juga jenis drum elektrik.

Dari kedua jenis drum ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan drum elektrik bagi kamu sebelum memutuskan beli drum. Berikut ulasannya semoga bermanfaat bagi kamu.

Kelebihan drum elektrik
Kelebihan drum elektrik yang pertama ialah drum jenis ini lebih sederhana sehingga lebih mudah ketika dipindahakan ke tempat lain. Jika kamu menggunakan drum ini, stik yang digunakan akan awet karena permukaan drum berupa karet yang tidak keras. Bagi kamu yang seorang pemula yang beli drum ini, kamu sangat cocok dengan drum elektrik karena pada saat beli drum ini, kamu tidak perlu melakukan tunning atau pengecekan nada. Hal ini disebabkan karena suara drum memang sudah stkamurd. Pada drum ini juga ada metronome dan lagu-lagu guna berlatih, serta suara drumnya sendiri pun bisa dihilangkan. Kamu juga tidak harus membeli cymbal karena sudah ada pada drum elektrik ini. Yang lebih menguntungkan lagi ialah cymbal drum akustik yang bisa di choke dalam penggunaannya. Ini juga bisa rim click dan rim shot karena ada tiga lokasi suara di cymbalnya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan jenis suara yang dihasilkannya pun banyak dan bisa dipilih sesuai dengan selera musik kamu tidak ada bedanya dengan keyboard arranger. Dan, drum ini tidak menimbulkan suara berisik sehingga kamu tidak perlu ruangan kedap udara.

Kekurangan drum elektrik
Dibalik beberapa kelebihan drum elektrik tersebut diatas, alat musik ini pun memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama, ketiak kamu bermain drum elektrik, kamu akan merasakan perbedaan feel jika dibandingkan dengan drum akustik.

Perlengkapan drum elektrik ini juga tidak sedetail akustik. Misalnya kamu tidak akan bisa menemukan snappy sehingga kamu tidak akan mendapatkan efek suara seperti pada drum akustik. Jika kamu ingin menambah jumlah cymbal XD atau tom, agak sedikit susah.  Kamu juga tidak akan bisa bermain menggunakan stick brush. Demikianlah kekurangan drum elektrik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s