Perawatan Home Theater Di Rumahmu

Home theater, jangan salah kalau perangkat yang satu ini memang dijamin ampuh untuk menghibur dan menemani Anda saat santai di rumah. Tapi jangan cuma bisa memanfaatkannya ya, kamu juga harus siap untuk merawatnya, jika memang kamu ingin memiliki home theater yang mampu menghasilkan gambar dan suara yang bagus dan awet tentunya. Nah, ini kita bagi bagaimana strategi untuk merawatnya.

Ketahuilah bahwa selengkap apapun fitur yang dimiliki perangkat home theater milik anda ini, akan menjadi sia-sia jika tak menghasilkan suara yang berkualitas baik. Dan, bagi para penggila musik, tentu bisa dengan mudah membandingkan dan mencari kelemahan suaranya. Bagi yang awam, sebelum memutuskan untuk membeli, cobalah mendengarkan dengan cara memasangnya hingga volume maksimal. Kualitas audio bisa diketahui dari suara yang tetap terdengar mantap dan tidak pecah meski diputar dengan volume maksimal. Kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat ini bisa dipengaruhi oleh  cara Anda menggunakannya sehari-hari.

Ketahui apa saja yang bisa menjadi penyebab kerusakan pada home theater kamu, semisalnya saja mengenai cara meletakkan speaker dalam jarak yang berdekatan atau menempel pada dinding sehingga uap panas yang keluar jadi tidak lancar. Kamu mungkin suka memutar CD yang berdebu atau baret. Dan tidak mk memaksimalkan equalizer. Setingannya tidak pernah disesuaikan dengan jenis musik yang diputar.

Kalau sudah ada gejala-gejala begitu, maka kamu harus mengetahui apa yang harus kamu lakukan sebagai pertolongan, coba hindari meletakkan speaker dalam jarak berdekatan atau menempel pada dinding, hal ini dapat menyebabkan uap panas yang keluar jadi terhambat. Performa speaker akan tetap bagus apabila proses pendinginannya pun berjalan lancar.

Oleh karena itu, berikan sedikit jarak antara speaker dengan benda-benda lainnya. Perangkat audio dewasa inipun umumnya telah dilengkapi dengan fitur equalizer. Kehadiran fitur ini ternyata bukanlah sekedar untuk memberi kenyamanan lebih bagi telinga, tetapi juga untuk menjaga kondisi speaker. Fitur penyeimbang suara ini dapat disesuaikan dengan jenis musik yang diputar, yang akan menjadikan speaker menghasilkan suara dengan tepat dan sesuai dengan kapasitasnya sehingga tidak mudah pecah. Agar perangkat audio tetap bisa dinikmati dengan baik, bersihkan debu yang menempel pada CD terlebih dahulu sebelum diputar.

Pasalnya, debu yang ada di bagian permukaan kepingan itu dapat menempel pada bagian optic. Hal ini pulalah yang menjadi penyebab CD acapkali tidak terbaca sehingga tidak bisa diputar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s