Diagnosis dan Obat Penyakit Maag

Penyakit maag termasuk salah satu penyakit yang umum ditemukan diderita oleh orang Indonesia. Kita mungkin mengenal bahwa penyakit ini disebabkan makan yang kurang teratur, walau sebenarnya maag juga dapat disebabkan karena berbagai faktor, seperti efek samping penggunaan obat OAINS, konsumsi kafein dan soda, kebiasaan merokok hingga stress berlebihan. Sebagian besar dari kasus maag sebenanarnya tidak membutuhkan pemeriksaan dokter, karena penderita bisa sembuh dengan hanya mengonsumsi obat asam lambung. Akan tetapi, apabila sakit maag seringkali kambuh dan menunjukkan gejala-gejala tertentu, segeralah berkonsultasi pada dokter terdekat.

maag-kronis

Obat Penyakit Maag Sesuai Diagnosis Dokter

Pemeriksaan lanjutan ke dokter terdekat terutama dibutuhkan apabila sakit maag sering kambuh. Selain itu, penyakit maag pada penderita dengan usia di atas lima puluh lima tahun juga harus dikonsultasikan segera ke dokter. Termasuk juga penyakit maag yang disertai dengan sering muntah, mengalami sulit menelan atau disfagia, penuruan berat badan tanpa disertai penyebab yang jelas dan juga muntah disertai darah. Pemeriksaan dokter juga diperlukan apabila penderita mengalami anemia defisiensi zat besi ataupun sakit maag tersebut turut memunculkan benjolan di sekitar lambung. Dokter akan meresepkan obat sakit maag yang sesuai. Tidak jarang pula dokter akan turut melakukan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan ini terutama apabila pasien mengalami lebih dari satu gejala di atas.

Pemeriksaan lanjutan yang akan dilakukan dokter sebelum meresepkan obat penyakit maag di antaranya adalah pemeriksaan pda gangguan metabolisme serta gangguan tiroid di laboratorium, proses pengambilan sampel jaringan atau biopsi serta endoskopi guna mendeteksi adanya masalah atau tidak pada saluran pencernaan di bagian atas, pemeriksaan napas serta tinja guna mengetahui keberadaan dari bakteri Helicobacter pylori. Jika diperlukan, akan dilakukan juga pemindaian menggunakan X-ray atau CT scan guna mengetahui ada atau tidaknya obstruksi usus. Dari serangkaian pemeriksaan lanjutan ini akan diketahui secara pasti penyebab dari penyakit maag yang diderita dan juga langkah penanganan yang tepat.

Obat penyakit maag yang dapat diberikan pada pasien di antaranya adalah Colidan. Colidan merupakan kapsul minum yang dosisnya satu kapsul per hari. Kandungan dalam Colidan di antaranya ialah sari ganggang laut yang terdapat di perairan Okinawa, Jepang sehingga terbukti aman serta membantu mengurangi gejala sakit maag. Orang yang belum pernah mengalami gangguan lambung juga dapat mengonsumsi Colidan untuk asam lambung agar kesehatan lambungnya senantiasa terjaga. Ini karena manfaat dari Colidan tidak sekedar memaksimalkan penyembuhan maag namun juga menjaga kesehatan dari lambung agar kita terhindar dari gangguan lambung. Obat ini harus disimpan dalam tempat yang kering serta terhindar dari cahaya matahari langsung agar khasiatnya terjaga. Demikian informasi seputar penyakit maag ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s