Tips memilih body gitar elektrik

Apakah kamu baru saja memutuskan untuk belajar gitar dan mendalaminya tapi belum juga menguasainya karena berbagai sebab? Sebelum kamu mulai nge-jam mungkin ada baiknya terlebih dulu menemukan dan membeli gitar yang tepat. Karena lebih banyak kegagalan para gitaris pemula disebabkan karena ketidakcocokan mereka terhadap instrumen yang dimainkan.

Menemukan gitar yang tepat itu sulit dan butuh waktu panjang setidaknya untuk berkeliling dari satu toko musik ke toko musik lainya. Tapi semua akan lebih mudah jika kamu sudah mengerti jenis gitar seperti apa yang cocok untuk diri sendiri. Mulai dari body, jenis kayu , bridge dan bahkan leher gitar semuanya harus sesuai kebutuhan. Jika tidak kamu akan sulit menguasainya. Sementara itu diantara body, jenis kayu , bridge dan leher gitar body lah yang paling berperan penting.

So, pemilihan body pun menjadi sesuatu yang krusial. Kamu perlu menambah pengetahuanmu mengenai body gitar terutama elektrik gitar yang memang tengah jadi primadona. Setidaknya ada tiga jenis body yang bisa jadi pilihan yaitu solid, hollow dan semi-hollow
Berikut ini saya akan jelaskan mengenai jenis-jenis body gitar yang mungkin akan menjadi incaran kamu selanjutnya:

a.       Solid body

Solid body merupakan tipe body gitar yang paling umum dan paling ikonik yang pernah dibuat. Gitar solid-body hanya mampu menjangkau nada terluas dan memiliki noise yang rendah dibanding gitar jenis lainnya. Gitar jenis ini sangat cocok untuk kamu yang memainkan musik rock dan alternatif.

b.      Hollow Body

Hollow body bisa dibilang mencerminkan gitar elektrik sesungguhnya layaknya gitar akustik. Biasa digunakan oleh para musisi jazz seperti Eddie Durham dan Charlie Christian. Namun dalam perkembangannya gitar dengan hollow body juga di buat agar bisa dimainkan oleh genre country, folk dan juga rock n roll

Jika kamu mencari suara gitar yang hangat dengan tone melow maka hollow body adalah yang paling tepat. Hollow body memberikanmu gitar dengan distorsi yang pas, sangat cocok untuk musik klasik dan rock.

c.       Semi-hollow body

Gitar denan body semi hollow ini bisa dibilang adalah berpaduan antara solow dan hollow dengan noise rendah namun tetap bisa memproduksi tone melow.  Sangat populer digunakan dalam musik blues dan sering dimainkan oleh Chucky Berry dan Freddie King. Suara yang dihasilkan gitar ini sangat melow tapi tetap luar biasa.

Leave a comment